Cara Masak Beras Merah Agar Pulen, Terungkap!


0
Foto © : by Instagram gakbosendiet

Apakah Kamu sudah mengetahui cara masak  agar miliki tekstur pulen? Tidak hanya sekedar pulen, tapi rasa enak seperti nasi putih? Jika belum tepat sekali membaca artikel ini.

sendiri kini sudah mulai dilirik oleh banyak keluarga, mampu memberikan alternatif karbo yang lebih serat daripada pilihan biasanya. Menjadikannya tetap dikonsumsi meskipun harganya lebih mahal.

Sebab, nustrisi di dalamnya memang lebih sehat, dimulai dari serat, mineral, dan vitamin lebih banyak. Hanya saja kekurangannya tida lain lebih keras serta tidak manis. Sehingga butuh cara khusus untuk membuatnya lebih enak dikonsumsi.

Ayo, ikuti langkah-langkah berikut untuk memasak agar memiliki tekstur pulen dan rasanya enak!

Penasaran Cara Masak , Ketahui Dulu Nustrisinya

Jika Kamu sedang melakukan diet untuk menjaga kesehatan dalam tujuan apapun. Beralih ke beras warna merah tersebut memang pilihan paling baik. Diketahui sebagai sumber karbo paling rendah kalori, kaya serat, serta tidak mengandung gluten.

Bahkan lemak trans yang menyebabkan banyak masalah kesehatan, juga tidak terkandung ddialamnya. Sementara itu ada nutrisi penting lainnya sebagai sumber makanan pokok harian. Seperti karbo, serat, kalsium, nartium, dan lain lain.

Antioksidan flavonoid seperti antosianin, apigenin, myricetin, dan quercetin, memberikan efek kesehatan lebih baik seperti tidak mudah terserang penyakit. Menjadi keunggulan karena memiliki sifat antioksidan yang tentunya dibutuhkan.

Berbagai kandungan yang bagus untuk tubuh, tentunya akan membuat Kamu tertarik mengonsumsinya demi kesehatan keluarga. Jadi jangan ragu mulai sekarang untuk gunakannya sebagai pilihan menu harian.

Meski memang dari keputusan itu, Kamu harus merogoh budget harian lebih dalam. Tapi, untuk kesehatan apakah harga tersebut tidak sebanding? Tentu mahal tersebut akan menjadi murah ketika menyangkut kesehatan.

Cara Memasak agar Pulen serta Lezat

Kaya akan kandungan yang tinggi nutrisi, membuatnya jadi menu yang cocok disajikan sehari-hari. Tapi, seperti yang disampaikan sebelumnya, bahwa cara masak  sulit dilakukan, sebab teksturnya keras serta hambar.

Butuh cara atau teknik khusus agar bisa menjadi makanan lezat, Kamu tinggal ikuti panduan langkah demi langkah berikut :

  1. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah cuci dan pastikan jangan terlalu lama. Sebab, jika tetap melakukannya maka kandungan nutrisi akan terbuang
  2. Selanjutnya, tambahkan air lebih banyak saat memasaknya, perbandingannya adalah 1:3 atau 1 cangkir beras meras sebanding dengan 3 cangkir air. Hal ini ditujukan untuk membuat teksturnya jadi lebih lembek
  3. Rendam pada air selama 30 menit agar menjadi lebih lembek, tapi jangan terlalu lama juga
  4. Jika sudah terendam selama durasi tersebut, tambahkan garam agar memberikan sedikit rasa, sebab tanpa menambahkan garam pasti akan hambar, hanya saja jangan kebanyakan juga
  5. Terakhir, sedikit tips rahasia adalah mencampurkan dengan beras putih, perbandingannya bisa 2:1. 3:1 atau seimbang, sesuai selera saja, dan pastikan keduanya sudah dicuci bersih sebelumnya.

Ikuti saja panduang langkah demi langkah, memang ada perbedaan yang harus Kamu lakukan. Sebab itu semua demi membuat tekstur lebih keras serta rasa hambar jadi pulen serta lezat. Tapi, tetap cara merah masih mudah dilakukan bukan.

 

Rate this post

Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Like Like
0
Like
hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
win win
0
win
Agung Prastyo