Ramadhan menjadi momen yang dinanti oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia, selain menjadi momen spiritual ternyata juga menjadi momentum untuk naikkan omzet penjualan produk para pelaku bisnis.
Banyak pelaku bisnis yang mengambil momen ini untuk menaikkan omset berkali-kali lipat. Bahkan bagi pelaku bisnis yang bukan dari kalangan umat muslim. Sehingga berkah dari bulan suci ini dirasakan oleh semua orang.
Namun, bagaimana agar hal tersebut dapat tercapai tidak semudah mengatakannya. Perlu beberapa strategi khusus untuk diterapkan agar mampu naikkan omzet penjualan produk selama bulan Ramadhan berlangsung.
Naikkan Omzet Penjualan Produk di Ramadhan, Caranya Begini
Ini merupakan strategi yang dapat membantu produk lebih berpeluang untuk terjual. Jadi, bukan merupakan jaminan untuk membuat terjual secara pasti. Makanya, Kami tekankan selalu kembangkan cara yang diberikan sesuai kondisi situasi.
Sebab tidak semua faktor yang mempengaruhi dalam laris tidaknya jualan suatu bisnis sama. Tinggal bagaimana penjual sendiri dapat beradaptasi secara bijak padanya atau tidak. Berikut beberapa cara yang harus Anda jajal.
Menawarkan Paket Promo Spesial
Menaikkan omzet penjualan produk itu harus diawali dengan memikat para pelanggan atau brand awareness. Promosi berupa diskon harga, tambahan barang, gratis ongkir, dan lain-lain perlu Anda berikan. Demi memberikan nilai tambah bagi pelanggan untuk membeli.
Menyediakan Produk Khusus Bulan Puasa
Sementara itu jika sudah mendapatkan brand awareness, pastikan untuk menyediakan ide bisnis makanan terbaik khusus bulan Ramadhan. Biasanya produk yang dimaksud seperti paket sahur, takjil, menu buka puasa, dan mungkin makanan siap saji untuk persiapan cadangan makanan di rumah.
Memanfaatkan Media Sosial
Media sosial menjadi pilihan yang bagus juga, seperti dengan membuat akun resmi di sana. Selalu membuat konten menarik untuk membuat para pembeli tertarik. Sekarang tiktok menjadi media paling top untuk menjajakan produk ke masyarakat.
Khususnya produk yang terkait anak muda serta kekinian, sementara itu jika memiliki website usahakan optimalkan menjadi urutan ranking nomor satu. Demi mudah untuk dicari oleh para calon pembeli setia.
Kolaborasi dengan Seleb Online
Seleb online menjadi pilihan selain dengan membuat usaha dari dalam brand sendiri. Usaha ini kerap diartikan sebagai promosi halus, dengan meminta bantuan seleb online yang jelas sudah memiliki banyak pengikut setia,
Mampu meningkatkan visibilitas dagangan selama bulan puasa, apalagi banyak seleb online yang tentu akan melakukan banyak kegiatan serta konten di bulan Ramadhan. Meski harus membayar mahal tapi ini akan sepadan.
Menyebar Brosur atau Pamflet
Menyebarkan brosur atau pamflet ke tempat-tempat yang memungkinkan. Jika dagangan menyangkut bulan Ramadhan, jelas masjid adalah tempat paling tepat. Sertakan juga informasi mengenai promosi serta diskon khusus yang diberikan agar mampu menarik calon pembeli.
Pastikan Kualitas dan Ketersediaan Produk Juga!
Dalam urusan menaikkan omzet penjualan produk, tidak hanya berfokus pada strategi untuk mencapai tujuan tersebut saja. Kebanyakan pelaku bisnis akan lupa untuk memperhatikan kualitas dari jualannya.
Sehingga kualitas yang akan diberikan kepada pembeli akan berkurang, sehingga memang akan laris manis. Tapi, laris manis tersebut hanya akan berlaku diawal. Tidak ada repeat order yang dilakukan oleh pembeli.
Makanya, disarankan untuk memastikan kualitas produk bagus. Sementara itu cek juga ketersediaan produk, apakah sanggup melayani banyak order dengan strategi pemasaran tersebut.
Sebab jika sampai tidak bisa melayani akan memberikan citra buruk. Tidak dianggap profesional oleh publik luas dan itu bukan naikkan omset penjualan produk tapi malah menurunkannya.