Resep Ayam Goreng Ungkep Klasik Otentik


0
Resep ayam goreng ungkep
Foto © : by Intagram ayamgorengsidi

Resep ungkep bisa menjadi pilihan ibu-ibu bagi yang bosan dengan kejenuhan goreng saja. Sebab dengan proses ungkep akan ada rasa spesial yang tentu menggugah selera seluruh anggota keluarga.

Resep ini tentu menggunakan bumbu tradisional yang sudah diturunan oleh nenek moyang serta pengelolaan khas. Jadi, selama mengikuti secara baik dan benar, maka cita rasa klasik otentik pasti akan Kalian dapatkan.

Kami sengaja juga memberikan pilihan reseps sederhana, sehingga akan membuat masakan mudah dijangkau namun tetap tidak mengorbankan rasa enak darinya. Berikut resep ungkep klasik otentik.

Resep Ungkep Klasik Otentik

Kalian hanya perlu siapkan bahan-bahan basic untuk mulai memasak. Tentu saja butuh , bumbu-bumbu, dan masih banyak lagi. Lebih banyak bisa Kalian temukan pada penjelasan di bawah ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 1 kg , potong menjadi bagian-bagian kecil atau sesuai keingin
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai, memarkan memanjang
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 cm jahe, memarkan
  • 1 cm lengkuas, memarkan memanjang
  • 4 siung bawang putih, cincang sampai semua halus
  • 5 butir bawang merah, cincang sampai halus semua
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 500 ml air

Berlanjut untuk bagaimana cara memasaknya. Kami juga sengaja siapkan bilamana Kalian tidak terbiasa melakukannya atau ragu tidak bisa maksimal dalam membuat hidangan untuk keluarga di rumah.

Cara memasak resep ungkep:

  1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan.
  2. Campurkan semua bahan kecuali daging dan kecap manis dalam sebuah wadah. lalu aduk sampai semua rata.
  3. Tambahkan daging ke dalam bumbu yang sudah dicampur. Pastikan semua bagian daging terbalut bumbu dengan merata. Diamkan selama minimal 1 jam di dalam kulkas lebih lama akan lebih meresap bumbunya.
  4. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Masukkan daging yang sudah dibumbui ke dalam wajan. Goreng sampai matang dan berwarna kecoklatan.
  5. Setelah matang, tambahkan kecap manis lalu aduk rata. Goreng lagi hingga berubah warna jadi coklat.
  6. Angkat dari wajan dan tiriskan minyaknya.
  7. Sajikan masakan tersebut dengan hangat dan sambal merah, boleh juga menambah lalapan.

Tips Memasak Ungkep

Sesudah mempersiapkan bahan-bahan serta bagaimana cara memasaknya. Lebih lengkap lagi jika Kalian juga mengetahui tips memasaknya. Demi membuat hasil masakan akan maksimal cita rasa serta teksturnya juga.

  1. Rendam daging ke dalam bumbu selama minimal 1 jam di dalam kulkas. Proses merendam akan membuat bumbu lebih meresap ke dalam daging , sehingga menghasilkan rasa yang lebih lezat, lebih lama akan lebih meresap.
  2. Gunakan api sedang saat menggoreng, jangan gunakan api yang terlalu besar hanya demi cepat matang karena dapat membuat masakan cepat gosong dan matang sebagian.
  3. Jangan terlalu sering membalik ketika sedang menggoreng. Balik sekali saja ketika ada tanda salah satu bagian matang.
  4. Tambahkan kecap manis pada saat yang tepat. Jangan menambahkan kecap manis terlalu awal karena dapat membuat ayam menjadi terlalu manis dan lembek. Tambahkan kecap manis pada saat ayam hampir matang, ibu-ibu pasti tahu tandanya bukan?
  5. Setelah diangkat dari wajan, tiriskan ayam goreng ungkep untuk menghilangkan minyak berlebih. Hal ini dapat membuat masakan lebih sehat, itulah gunanya tisu dapur untuk Kalian beli.

Tidak ada salahnya untuk memasak sendiri di rumah, selain mudah ternyata rasanya juga tidak kalah dengan restoran mewah. Jadi jangan lupa bagikan resep ayam goreng ungkep digitalfood ke teman-teman dan saudara Kalian ya.

Rate this post

Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Like Like
0
Like
hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
win win
0
win
Agung Prastyo